Trik Membuat Fried Chicken Gurih Dan Renyah

Trik-Membuat-Fried-Chicken-Gurih-Dan-Renyah

anekamasakan – Mau tahu apa rahasia fried chicken enak? Lapisan tepung renyah dan gurih dengan daging yang juicy jadi kunciannya.  Siapa yang tak tergoda dengan kelezatan fried chicken? Aromanya gurih semakin enak dicocol dengan saus sambal. Walaupun banyak dijual tepung jadi untuk membuat fried chicken, akan tetapi buatan ‘homemade’ selalu yang paling enak. Tips ini bisa Anda ikuti!

Untuk membuat fried chicken seenak restoran, ada baiknya ikuti beberapa trik ini. Yuk, coba!

1. Jenis dan potongan ayam

Pilihlah ayam pedaging dengan potongan yang seragam, agar bisa matang secara bersamaan. Tapi, jika ingin lebih mudah, Anda bisa membeli langsung daging ayam yang sudah dipotong perbagiannya seperti paha atas, paha bawah dan juga dada.

Tapi, jika Anda menggunakan ayam utuh, usahakan saat menggoreng, masukkan yang berukuran hampir sama.

2. Bumbu marinasi

Bumbu yang bisa digunakan adalah merica bubuk, bawang putih halus, jahe bubuk dan garam. Semua bahan dicampur dengan tambahan sedikit air, rendam ayam potong dalam bumbu minimal sekitar 8 jam. Taruh dalam wadah tertutup dan simpan dalam lemari es.

Baca Juga :Aneka Sambal Terenak Asli Dari Indonesia

3. Lapisan tepung

Setelah ayam direndam dalam bumbu marinasi, Anda bisa tiriskan ayam hingga agak kering. Karena membutuhkan waktu yang cukup lama dalam meniriskan ayam, Anda bisa tetap menyimpannya di lemari es sambil ditiriskan. Karena jika masih basah, kemungkinan daging ayam tidak bisa renyah.

Proses penepungannya, bisa dilakukan dengan cara menggulingkan ayam dalam campuran tepung terigu, merica, bawang putih dan garam. Kemudian celupkan ke dalam telur kocok. Ulangi proses ini sekali lagi, setelah dilapisi tepung Anda bisa diamkan selama beberapa saat hingga lapisannya agak kering sebelum digoreng.

4. Teknik menggoreng

Suhu minyak sangat penting. Sebaiknya gunakan api sedang dengan suhu sekitar 180 derajat celcius. Jika terlalu panas, ayam akan lebih mudah gosong tetapi bagian dalamnya kurang matang. Teknik penggorengannya juga perlu deep frying alias menggunakan minyak banyak. Gunakan minyak dalam panci atau wajan cekung dan pastikan seluruh bagian ayam terendam saat digoreng.

Setelah berwarna kuning keemasan, ayam bisa diangkat dan ditiriskan. Kemudian sajikan bersama dengan cocolan saus sambal dan mayonnaise.

Related posts