RESEP SAYUR NANGKA

Template baruu-Recovered

Anekamasakan.web.id Sayur adalah asupan utama untuk mereka yang kekurangan cairan dalam tubuh dan juga untuk mereka yang mengalami panas dalam. Sayur juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh ,tidak hanya khasiatnya tapi cara masaknya yang baik akan menghasilkan masakan berkelas yang baik juga sehingga dapat cita rasa.Berikut adalah salah satu resep cara memasak Sayur nangka yang menjadi favorit keluarga.

Bahan-Bahan dan Bumbu Sayur Nangka Muda:

  1. ¼ kg nangka muda pilihan dengan kualitas yang bagus. Potong-potong, kemudian cuci bersih. Bagian bijinya jika suka, tidak usah dibuang. Nangka muda memiliki biji yang lembut dan tidak pahit.
  2. ½ kg, daging tetelan. Opsional, jika Anda tidak suka bisa melewati atau menghilangkan bahan ini.
  3. ½ liter atau 500 ml, santan segar. Jika Anda tidak boleh makan makanan yang mengandung santan, ganti saja dengan air.
  4. 4 lembar, daun salam.
  5. 3 lembar, daun jeruk purut.
  6. ½ ruas jahe, memarkan.
  7. ½ ruas lengkuas, memarkan.
  8. 1 batang, serai. Memarkan.
  9. Minyak goreng, secukupnya.
  10. Garam, secukupnya,
  11. Gula merah sisir, secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan:

  • Bawang putih, 3 siung.
  • Bawang merah, 5 siung.
  • Kunyit bakar, 3 cm.
  • Kemiri, secukupnya 3 sampai 5 butir.
  • Cabai merah besar, 3 buah. Atau, cabai merah keriting, untuk rasa pedas sekitar 5 buah atau lebih.

Baca Juga : RESEP SERABI YUMMY ALA BANDUNG

Cara Membuat Sayur Nangka Muda:

  1. Siapkan panci. Didihkan air dan rebus nangka muda tersebut bersama tetelan daging, apabila menggunakannya. Rebus hingga kedua bahan tersebut matang, teksturnya empuk.
  2. Sambil merebus kedua bahan tersebut, Anda bisa menyiapkan wajan dan panaskan sedikit minyak untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya.
  3. Masukkan daun salam, serai, daun jeruk, jahe, serta lengkuas. Aduk dan tumis bumbu hingga aromanya tercium. Anda bisa matikan api sebentar.
  4. Apabila nangka dan tetelannya sudah matang, angkat dan tiriskan kemudian masukkan ke dalam tumisan bumbu halus yang sudah matang tersebut. Nyalakan kembali api, aduk sebentar bahan tersebut hingga tercampur dengan bumbu.
  5. Kemudian, segera tuangkan santan atau air yang akan digunakan. Aduk-aduk agar santan tidak pecah dan bumbu tercampur, meresap ke dalam nangka dan tetelannya.
  6. Sambil diaduk-aduk, Anda bisa menambahkan garam dan gula. Cicipi hingga mendapatkan rasa yang sesuai selera.
  7. Apabila santan sudah mendidih dan semua bahan matang, Anda bisa segera menyiapkan piring saji dan mengangkat sayur nangka tersebut untuk segera disajikan.

Bagi Anda yang ingin menambahkan bahan lain untuk pengganti tetelan tersebut, bisa juga menggunakan ceker ayam. Namun, tanpa campuran bahan lain pun, sayur nangka tetap enak dan nutrisinya akan tetap Anda dapatkan. Dalam nangka muda, terkandung serat yang begitu tinggi yang bisa menjadi obat pencernaan alami, vitamin A, B kompleks, C, protein, berbagai mineral, serta antioksidan yang dapat menangkal bahaya radikal bebas. Berbagai kandungan menyehatkan yang bisa menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Sayur nangka muda enak sama seperti gudeg Jogja yang enak disajikan dengan nasi dan sambal. Rasa gurih dari santan berikut tambahan garam dan gula merupakan paduan bumbu yang pas sehingga sebaiknya dalam masakan ini Anda tidak perlu menambahkan penyedap rasa atau MSG. Jika Anda ingin kreasi masakan rumahan lainnya agar keluarga tidak bosan, coba juga kreasi menu lainnya yang mudah dibuat seperti urap sayuran bumbu kelapa yang kaya serat.

Related posts