Resep Sambal Goreng Pedes Gurih Enyoy

Resep Sambal Goreng Pedes Gurih Enyoy

anekamasakan.web.id Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Resep Sambal Goreng Pedes Gurih Enyoy. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Resep Sambal Goreng Pedes Gurih Enyoy.

Spesial menu kuliner khas Jogja, resep sambal goreng krecek yang bisa Anda buat sendiri dan kreasikan dengan lebih enak di rumah. Jika Anda pernah ke Jogja, pasti pernah menyantap gudeg. Saat disajikan, gudeg tersebut dilengkapi sambal goreng khas yaitu sambal krecek. Inilah yang membuat gudeg Jogja terasa khas dan berbeda, karena sambal tersebut. Gudeg khas Jogja memiliki rasa yang cenderung manis seperti makanan khas Jawa pada umumnya, sedangkan sambal goreng krecek tersebut rasanya gurih dan pedas. Kombinasi kedua rasa tersebut mampu memanjakan lidah dan membuat Anda ketagihan. Krecek sendiri merupakan kulit sapi yang istilahnya sudah tidak asing lagi untuk di beberapa daerah lain. Di beberapa daerah, mungkin ada yang mengenalnya dengan istilah kikil.Berikut ini resep spesial sambal goreng krecek tersebut.

Bahan-Bahan Sambal Goreng Krecek Khas Jogja:

  • Kulit sapi atau krecek, 150 gram.
  • Santan encer dari setengah butir kelapa sebanyak 1.000 ml atau 1 liter.
  • Cabai rawit segar, 15 buah. Untuk rasa yang semakin pedas tinggal ditambah saja jumlahnya.
  • Lengkuas, 4 cm. memarkan.
  • Daun salam, 3 lembar.
  • Serai, 1 batang. Memarkan, kemudian simpulkan.
  • Minyak goreng, sekitar 3 sendok makan atau secukupnya.
  • Gula merah yang disisir sebanyak 1 sendok makan atau secukupnya.
  • Air, secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan:

  • Bawang merah, 6 siung.
  • Bawang putih, 4 siung.
  • Cabai merah keriting, 5 buah. Opsional, untuk rasa yang lebih pedas tinggal ditambah.
  • Terasi bakar, ½ sendok teh. Jika Anda tidak suka terasi, maka bahan ini bisa dihilangkan.
  • Garam, secukupnya.

Baca Juga : Resep Karedok Khas Bandung

Cara Membuat Sambal Goreng Krecek Khas Jogja:

  1. Siapkan wadah. Rendam krecek dalam wadah tersebut menggunakan air secukupnya. Nantinya, akan tampak minyak dan kotoran mengapung di atas air rendamannya jika krecek tersebut mengandung minyak dan kotoran yang berlebihan. Buang air rendamannya dan tiriskan krecek tersebut. Sisihkan.
  2. Siapkan wajan dan panaskan minyak untuk menumis bumbu halusnya. Tumis bumbu halus hingga aromanya tercium.
  3. Masukkan daun salam, lengkuas, dan serai. Aduk rata hingga bumbu matang.
  4. Tuangkan santan encer yang telah disiapkan. Aduk terus secara perlahan hingga santan mendidih.
  5. Masukkan kulit sapi atau kreceknya. Aduk hingga semua bumbu meresap.
  6. Setelah terlihat air santan menyusut hingga ¼ bagian, masukkan cabai rawit utuh yang sebelumnya telah Anda cuci terlebih dahulu.
  7. Masukkan juga sisiran gula merah. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur dan meresap sempurna. Lakukan sampai sambal matang.
  8. Setelah matang, angkat dan sajikan dalam piring atau mangkuk saji.

Jika Anda ingin mencoba dan penasaran dengan rasa sambal goreng krecek ini, terutama yang belum pernah ke Jogja, sangat mudah. Hidangan ini biasa disajikan di restoran, rumah makan, atau angkringan khas Jogja. Namun, membuat sendiri di rumah pun juga tidak kalah mudah. Bahan-bahan resep sambal goreng krecek mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun pasar swalayan. Cara membuatnya gampang sekali dipraktekan. Jika ingin terasa suasana Jogjanya, sajikan menu ini bersama nasi gudeg dan nikmati secara lesehan di gazebo, di luar rumah Anda pada malam hari. Menikmati suasana Jogja dengan makanan khas Jogja untuk cara yang lebih hemat.

Related posts