5 Rekomendasi Santapan Berbahan Ikan Yang Super Enak

5-Rekomendasi-Santapan-Berbahan-Ikan-Yang-Super-Enak

anekamasakan – Indonesia termasuk salah satu budaya ikan terbesar di dunia. Berbagai macam makanan khas daerah yang berbahan ikan memiliki rasa yang enak dan harus anda coba. Ada olahan gohu ikan dari Ternate yang unik hingga pempek asal Palembang yang populer.

Berikut beberapa hidangan ikan khas Indonesia yang populer dan patut dicoba di Hari Ikan Nasional.

1. Gohu ikan

Gohu ikan adalah salah satu masakan khas Ternate, Maluku Utara. Hidangan ini sering disebut sashimi Indonesia karena terbuat dari ikan mentah yang tidak dimasak lagi.

Gohu ikan terbuat dari ikan tuna atau cakalang mentah yang diracik dengan campuran cabai rawit, garam, perasan jeruk lemon, daun kemangi dan bawang. Semua bumbu ini diaduk bersama ikan dan didiamkan beberapa saat sebelum disajikan.

Meskipun disajikan mentah tapi gohu ikan tidak terasa amis. Ini karena ikan yang digunakan segar dan sudah dilumuri garam dan jeruk lemon. Gohu ikan biasa dinikmati bersama nasi putih atau bubur sagu.

2. Seruit ikan

Seruit-ikan
Seruit adalah makanan khas provinsi Lampung. Seruit berasal dari kata nyeruit yang artinya bersama-sama. Bagi masyarakat Lampung, seruit ini adalah makanan pokok santapan harian.

Seruit adalah masakan ikan yang diolah dengan cara digoreng atau dibakar lalu disajikan dengan sambal terasi yang dicanpur tempoyak durian. Ikan yang biasa digunakan adalah jenis ikan belide, baung dan ikan lais.

Sebelum dimasak, ikan dilumuri bumbu halus seperti bawang putih, garam, kunyit dan jahe lalu digoreng atau dibakar. Selain sambal terasi tempoyak, seruit ikan juga biasa disantap bersama lalapan sebagai lauk makan nasi.

Baca Juga :Trik Membuat Fried Chicken Gurih Dan Renyah

3. Sate Bandeng

Olahan ikan bandeng yang ini dibuat dengan tusuk bambu makanya disebut sate. Sate bandeng merupakan makanan khas Banten yang cukup populer dan digemari banyak orang.

Untuk membuat sate bandeng, daging ikan ini “dikupas” dari kulitnya kemudian dipisahkan antara daging dan durinya. Setelah tulang dibuang, daging ikan yang sudah dibumbui ini dimasukkan lagi ke dalam kulitnya lalu ditusuk atau dijepit pada tangkai bambu.

Ikan bandeng ini kemudian dimasak dengan cara dibakar hingga matang. Tak hanya jadi santapan harian, sate bandeng juga populer dijadikan oleh-oleh orang yang berkunjung ke Banten.

4. Cakalang fufu

Cakalang-fufu

Hidangan ikan asal Minahasa, Sulawesi Utara ini punya rasa yang terkenal luas di Indonesia. Ikan cakalang segar dibelah menjadi dua lalu dibumbui dan diasap hingga kering. Proses pengasapan ini memakan waktu hingga 4 jam.

Karena kandungan airnya sudah berkurang, cakalang fufu bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Setidaknya bisa bertahan selama satu bulan dalam suhu ruang.

Cakalang fufu bisa dimasak jadi lauk maupun dijadikan campuran sambal. Tak jarang, ikan ini juga sering dibawa sebagai oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Manado.

5. Pempek

pempek
iapa yang tak kenal pempek, hidangan olahan ikan khas Palembang ini punya banyak penggemar. Pempek biasa dibuat dari ikan tenggiri yang digiling halus dan dicampur dengan tepung kanji dan beberapa bumbu.

Pempek tersedia dalam berbagai varian bentuk dan isian. Meskipun rasanya sudah gurih tapi pempek biasanya dihidangkan dengan kuah cuko yang rasanya asam pedas manis.

Tak heran pempek tekenal dan banyak penikmatnya karena kudapan ini terbilang legendaris dan sudah dijajakan sejak 1980-an

Related posts