Makanan Yang Dapat Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Makanan Yang Dapat Menjaga Kesehatan Paru-Paru

anekamasakan.web.id – Paru-paru merupakan salah satu organ yang paling penting dari tubuh manusia. Tanpa adanya paru-paru, tubuh tidak akan berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melindungi kesehatan paru-paru yang hampir setiap hari terpapar asap rokok, asap kendaraan bermotor, pola makan yang tidak baik, dan gaya hidup yang tak sehat.

Ya, semua itu merupakan beberapa faktor yang turut berkontribusi terhadap masalah kesehatan. Untuk itu, kamu sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk lebih mencintai paru-paru.

Salah satu cara mudahnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan fungsi paru-paru dan menurunkan risiko masalah yang lebih kronis seperti Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK). Memang, apa hubungannya makanan dengan kerja paru-paru kita?

Para ahli berspekulasi bahwa ketika bakteri baik mencerna serat pada usus, maka mereka akan memproduksi hasil tambahan yang kuat dan bisa mengurangi inflamasi pada paru-paru.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa membantu paru-paru terhindar dari beragam masalah kesehatan.

Salmon

Makanan yang sebaiknya kamu makan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah salmon. Salmon memang sudah dikenal sebagai makanan super yang dapat mencegah paru-paru agar tidak terganggu.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam lemak omega-3 yang dikaitkan dengan anti-inflamasi seluruh tubuh, termasuk paru-paru yang dapat mengurangi risiko asma. Mengonsumsi salmon secara rutin dipercaya dapat membantu meredakan gejala asma seperti sesak napas, demam, dan sakit kepala.

Tak hanya salmon, makanan lain yang mengandung asam lemak omega-3 adalah tuna, kacang-kacangan, dan biji rami.

Baca Juga : Kombinasi Makanan yang Tak Boleh Dimakan Bersamaan

Kacang

Makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru berikutnya adalah kacang. Kacang memiliki kandungan folat yang rendah dimana dijadikan salah satu alasan kamu harus mengonsumsi kacang agar paru-paru selalu sehat.

Kacang kaya akan folat ini dapat mengurangi risiko berbagai gangguan yang berhubungan dengan paru-paru. Kamu bisa mencoba mengonsumsi aneka kacang-kacangan seperti kacang polong, almon, dan lain sebagainya.

Jahe

Jahe juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Hal ini dikarenakan jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu membersihkan jalan napas dan detoksifikasi tubuh.

Ini membantu membuang racun dari saluran pernapasan. Selain itu, jahe juga mengandung kurkumin yang bisa meringankan radang pada paru-paru.

Bawang Putih

Adanya kandungan flavonoid pada bawang putih membuat ia dipercaya bisa menjaga kesehatan paru-paru. Dimana bawang putih merangsang produksi enzim yang meningkatkan efisiensi tubuh dan paru-paru untuk menyingkirkan racun dan karsinogen.

Tak hanya itu, bawang putih juga mengandung zat yang bernama allicin. Zat ini bermanfaat untuk mencegah asma, membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan pada paru-paru. Tak hanya itu, bawang putih juga bersifat antioksidan, sehingga mampu untuk menghancurkan radikal bebas yang menempel di paru-paru.

Buah Beri

Selanjutnya datang dari aneka buah-buahan beri. Ya, kelompok buah beri seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan blackberry merupakan makanan super yang sangat baik untuk paru-paru. Pada kelompok buah beri ini dikemas dengan antioksidan, flavonoid, karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang melimpah.

Jadi, bila kamu mengonsumsi aneka buah berry ini secara rutin, bisa bantu mengeluarkan zat karsinogen dari paru-paru, mencegah kanker, dan meringankan infeksi paru-paru.

Related posts